Kodim Bersama Perhutani Bersinergi Laksanakan Penghijauan

    Kodim Bersama Perhutani Bersinergi Laksanakan Penghijauan
    Kodim 0707/Wonosobo bersinergi dengan Dinas Perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan penghijauan menanam pohon di lahan Kodim 0707/Wonosobo yang berada di Dusun Sedayu, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sapuran. Jum’at (17/02/2023)

    Kodim 0707/Wonosobo bersinergi dengan Dinas Perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan penghijauan menanam pohon di lahan Kodim 0707/Wonosobo yang berada di Dusun Sedayu, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sapuran. Jum’at (17/02/2023)

    Pada kesempatan tersebut Kapten Inf Iwan Nafarin selaku Pasi Ter melaporkan untuk penghijauan kali ini sebanyak 666 bibit yang akan ditanam meliputi, pohon Jabon 25 batang, Kopi 90 batang, Ekaliptus 25 batang, Cemara 200 batang, Albasia 25 batang, Damar 74 batang dan Bintami 200 batang.

    Letkol Inf Rahmat saat membuka acara menyampaikan bahwa penghijauan ini sebagai upaya penyelamatan lingkungan dari kerusakan alam.  Saat ini tanpa kita sadari sudah terjadi pemanasan global dan kerusakan alam lainnya. Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut maka Kodim bersama dinas yang lain melaksanakan kegiatan ini.

    Kerusakan alam juga berdampak pada mengeringnya mata air saat musim kemarau, terjadi longsor saat musim penghujan. Saat ini pemerintah terus berupaya memperbaiki kerusakan alam dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah dengan melaksanakan reboisasi. Agar program pelestarian berhasil dengan maksimal maka semua komponen bangsa ikut serta mendukungnya. Untuk itu Kodim saat ini melaksanakan penghijaun dengan harapan alam bisa kembali lestari seperti dulu kala.

    ”Saat ini lapisan ozon sudah semakin tipis. Peristiwa ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, berkurangnya lahan yang hijau karena sudah berubah menjadi pemukiman atau industri sehingga menimbulkan dampak negatif bagi kelestarian lingkungan. Untuk itu TNI mempunyai program penghijauan untuk lahan-lahan yang kritis seperti yang dilakukan saat ini, ” kata Dandim.

    Beliau juga mengatakan bahwa penyelamatan lingkungan merupakan tanggung jawab bagi kita semua. Karena alam merupakan warisan untuk anak cucu kita. Sehingga kita harus menjaga dengan menggandeng Perhutani, lingkungan hidup, ormas, serta masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan penghijauan dengan harapan pasaran bisa tercapai.

    “Dengan dilaksanakan kegiatan penghijauan ini harapan kedepan kita lebih peduli dengan lingkungan dan memperhatikan kepentingan lainnya, tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara pelestarian lingkungan maka penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu, karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita. Peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan sangat penting sekaligus menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dengan dirawat dan dipelihara.” Pungkas Letkol Inf Rahmat.

    wonosobo jateng reboisasi penghijauan perhutani dlh
    Ahmad Ridho

    Ahmad Ridho

    Artikel Sebelumnya

    Dandim Berikan Penghargaan Kepada Babinsa...

    Artikel Berikutnya

    Dandim Dukung Pemusnahan Knalpot Brong

    Berita terkait